July 5, 2020

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University. Kalimantan barat dalam segi pendidikan sebenarnya telah memiliki sarana yang lengkap dalam setiap jenjang pendidikan yang ada, mulai dari tingkat dasar, menengah, tingkat atas hingga perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, kalau dulu para pelajar yang akan melanjutkan ke dunia kampus apalagi mereka yang memiliki latar belakang ekonomi menengah atas lebih banyak melirik universitas diluar kalbar, maka kini mayoritas mereka lebih memilih kampus lokal yang memang sudah memiliki fasilitas yang sangat memadai, pilihan terbaik saat ini adalah universitas tanjungpura atau UNTAN. Nah aku akan bahas tentang kampus untan ini ya hanya sekedar informasi saja untuk kalian yang ingin melanjutkan pendidikan di  salah satu perguruan tinggi terbaik ini.

Latar Belakang Sejarah Untan

Latar belakang untan sebagai universitas negeri sebenarnya berawal dari sebuah yayasan diluar pemerintah dengan nama Yayasan perguruan tinggi daya nasional, makanya nama untan pada awalnya adalah universitas Daya Nasional dan masih berstatus perguruan tinggi swasta pada tanggal 20 mei 1959. Menurut sejarah para pendiri universitas ini adalah tokoh politik dan tokoh masyarakat kala itu, kampus pertama di kalbar ini awalnya hanya terdiri dari dua fakultas yaitu fakultas hukun dan tata niaga, kalau kita lihat sekilas, kata tata niaga inilah yang nantinya berubah menjadi kata ekonomi hingga sekarang. Perjalanan universitas tanjungpura menjadi sebuah perguruan tinggi negeri dimulai pada tanggal 16 mei 1963, lewat surat keputusan menteri pendidikan kalau itu dengan surat resmi bernomor 53 tahun 1963, pada masa inilah untan yang kemudian berubah nama menjadi Universitas negeri Pontianak ini membuka lagi dua fakultas tambahan yaitu Fakultas pertanian dan Fakultas tekhnik. Perjalanan sejarah indonesia yang baru memasuki masa pembangunan di awal kemedekaan membuat universitas negeri pontinak terus mengalami perubahan. Adanya situasi politik pada tahun 1965, kembali nama univeristas pertama di kalimantan barat ini berubah kembali menjadi universitas dwikora, tak bisa dipungkiri perubahan nama tersebut terkait erat dengan situasi politik indonesia saat itu yang semakin memanas dengan adanya tragedi sejarah 65, namun ditengah berkecamuknya situasi politik yang tidak kondusif, universitas dwikora mampu membuka fakultas baru sebagai tambahan yang sudah ada yaitu Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik atau Fisipol. Selang dua tahun kemudian tepatnya tahun 1967, lewat keputusan presiden nomor 171 tahun 1967, universitas dwi kora kembali berubah dengan nama universitas tanjungpura atau UNTAN, dan nama ini bertahan hingga sekarang dengan pengembangan dan kemajuan yang semakin pesat dengan membuka jenjang pendidikan tidak hanya s1 tetapi hingga s2, Untan saat ini telah memiliki kurang lebih 9 fakultas dengan berbagai jurusan yang ada di dalamnya, kemajuan inilah yang akhirnya kini membawa UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University sebagai bentuk mengikuti perkembangan dunia digital yang semakin berkembang.

Penerapan Cyber University Dalam Kampus Univeristas Tanjungpura

Secara nasional, pemerintah telah lama mendorong kampus-kampus di indonesia agar membentuk sebuah ekosistem kampus dengan menyesuaikan kemajuan di bidang teknologi digital, hal ini bnukan tanpa alasan, menurut Data United Nations Development Programs (UNDP) 2017, indeks pendidikan Indonesia berada di urutan ke-7 di antara negara-negara Asean. Menurut pemerintah indeks pendidikan di indonesia tergolong rendah disebabkan banyak faktor, selain karena geografis wilayah yang luas juga karena belum meratanya teknologi masa kini yang memasuki wilayah kampus. Untuk itu gerakan cyber University ini di gerakkan oleh pemeirntah agar pihak univeristas memberikan layanan teknologi internet dalam kampus, penyesuain program studi berbasis digital serta prasarana yang mendukung aktivitas mahasiswa dalam menyerap informasi kampus lewat sistem jaringan yang dibentuk. Tujuannya tentu saja agar lulusan yang tercipta dapat menyesuaikan dengan perkembangan jaman dan mampu memberikan yang terbaik bagi masyarakat sesuai dengan bidang keahliannya yang didukung pula dengan kemampuannya dalam dunia digital setidaknya menguasi teknologi informasi dalam jaringan internet. Sebagai universitas negeri terbaik dan terluas di indonesia, untan memiliki kans yang besar sebagai kampus digital, area yang luas dengan jalur yang dipisah dengan adanya bundaran degulis merupakan areal yang ideal bagi universitas tanjungpura dalam membentuk ekosistem digital kampus, namun begitu memang dibutuhkan sarana dan prasarana yang memadai, dan itu sudah di terapkan dalam kampus secara perlahan dan bertahap, salah satunya adalah System E Learning bebasis teknologi informasi.

System E Learning Universitas Tanjungpura

Menurut Rektor Universitas tanjungpura Prof. Dr. Garuda Wiko, SH., MSi, Ssytem E Learning yang diterapkan di untan adalah portal pembelajaran secara daring untuk civitas akademika UNTAN yang digunakan sebagai komplemen(pelengkap) dari sistem pembelajaran konvensional di kelas. Diharapkan dengan adanya portal pembelajaran daring, proses belajar mengajar dapat menjadi lebih efektif dan efisien serta mengakselerasi terbentuknya ekosistem digital untuk menuju UNTAN Cyber University Hadirnya system e learning dalam bentuk portal ini, memberikan akses informasi bagi para mahasiswa, dimana setiap mahasiwa bisa melakukan metode pembelajaran secara online dengan terlebih dahulu melakukan registrasi, mahasiswa akan diminta untuk memasukkan data-data secara lengkap seperti email, nomor induk mahasiswa atau NIM, dari sini sistem akan mengecek data mahasiswa sesuai dengan fakultas dan jenjang studi yang diambilnya. Setelah semua di dapat, sistem akan memberikan data kepada dosen, dari sinilah dosen akan menentukan mana saja mata kuliah yang akan di aktifkan lewat system e learning kepada mahasiswa, dan kemudian mahasiswa dan dosen akan melanjutkan materi pembelajaran secara online lewat system e learning tersebut, sistem pendidikan berbasis teknologi ini sudah banyak diterapkan di universitas yang ada di indoensia. Tentunya Untan sebagai kampus terbaik di kalbar telah memenuhi kriteria sebagai perguruan tinggi digital yang memberikan akses layanan terbaiknya kepada mahasiwa.

Untan Universitas Pilihan Terbaik Bagi Masyarakat Indonesia

Di terapkannya sitem pendidikan digital di universitas tanjungpura ini memberikan angin segar bagi dunia pendidikan tidak saja di kalimantan barat tetapi juga di indonesia, karena selain dengan system e learning, pihak kampus juga memberikan sarana berupa akses jaringan internet bagi mahasiswa di areal kampus yang luas, selain itu prasarana yang yang ada seperti taman degulis untan, kafe di sekita kampus denga jaringan wifi serta adanya tempat-tempat santai khusus untuk mahasiswa di limgkungan kampus mampu mendorong terciptanya pengembangan dunia digital secara merata pada mahasiswa. Peranan kampus yang mendukung kegiatan mahasiswa dalam melakukan pengembangan diri di dunia digital juga turut mendorong terciptanya ekosistem cyber university yang mandiri, seperti adanya kegiatan esport dimana mahsiswa diberikan kesempatan dalam mengembangkan potensi mereka dalam esport kejenjang nasional dan internasional, hal ini bukan saja menjadi daya tarik bagi generasi muda kalbar tetapi juga menjadi daya tari generasi muda di indonesia. Ini terbukti mahasiswa univeristas tanjungpura tidak saja hanya berasal dari kalimantan barat tetapi juga ada yang berasal dari sumatera, jawa hingga papua, artinya untan telah mampu menjadi sebuah ekositem dalam pembentukan cyber university yang telah di agendakan oleh pemerintah, kemajuan ini tentunya menjadi kebanggaan bersama, menjadikan lulusan untan menjadi yang terbaik dalam pengabdiannya kepada masyarkat di indonesia lewat UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments