July 5, 2020

Tunjungan Plaza, Tempat belanja Populer Di Kota Surabaya

Tunjungan Plaza, Tempat belanja Populer Di Kota Surabaya. Berkunjung ke kota pahlawan surabaya memang akan terasa kurang jika kita tidak mengunjungi tempat-tempat tertentu di kota tersebut, surabaya termasuk salah satu kota terbesar di indonesia, kota terbesar kedua setelah jakarta ini merupakan ibukota provinsi jawa timur dengan luas 326,81 km², sudah barang tentu banyak terdapat tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, apalagi surabaya juga termasuk kota bersejarah yang sangat terkenal dengan perlawanan arek-arek suroboya, disinilah asal mulanya kita mempringati hari Pahlawan yang berlangsung setiap tahunnya. pada kesempatan kali ini kami akan sedikit memberikan informasi salah satu tempat atau pusat perbelanjaan terbesar di kota surabaya yaitu Tunjungan Plaza.

Foto Dokumen Pribadi

Tujungan Plaza adalah sebuah Mall terbesar kedua setelah setelah pakuwon Mall atau Pakuwon Trade Center, namun dalam beberapa kali kunjungan ke surabaya admin belum pernah singgah ke pakuwon, mungkin suatu saat nanti kami tentunya akan singgah ke tempat tersebut. Balik lagi ke topik bahasan, Tunjungan Plaza merupakan mall yang populer di masyarakat surabaya, keberadaan mall ini sudah sering menjadi menjadi pilihan utama bagi wisatawan yang berkunjung ke kota surabaya, di dirikan pada tahun 1986, tunjungan plaza telah memiliki banyak sub sub bangunan sebanyak 6 bagian atau biasanya kita kenal dengan sebutan TP1, 2 hingga TP6.

Pantauan kami saat berkunjung ke tp surabaya ini, suasana terlihat ramai apalagi memasuki wekend, banyak masyarakat kota surabaya memanfaatkan waktu mereka untuk berbelanja maupun sekedar bersantai di outlet-outlet makanan dan minuman yang ada di dalam TP, besarnya mall tunjungan plaza ini membuat kita yang baru saja berkunjung mesti mengingat-ngingat pintu masuk pertama saat kita berkunjung, hal ini mencegah agar kita tidak merasa bingung di saat mau keluar dari TP, ini pernah terjadi saat admin asyik menikmati megahnya tunjungan plaza tetapi saat hendak keluar lupa jalan menuju pintu keluarnya.

Foto Dokumen Pribadi

Tunjungan Plaza dari tahun ketahun menurut berbagai sumber mengalami banyak peningkatan, hingga tahun 2017, tunjungan plaza memiliki 6 pintu masuk atau 6 bagian utama mall yang disebut TP, dan berikut perkembangan tunjungan plaza dari tahun ke tahun seperti yang kami lansir dari situs wikipedia

Tunjungan Plaza I – TP1

Tunjungan Plaza 1 merupakan bangunan paling lama dari plaza yang terletak di Jalan Jendral Basuki Rachmad ini. Dibuka pada tahun 1986, tetapi kini Plaza East telah menjadi bagian yang fashionable sejak renovasi yang dilakukan pada tahun 2007. Proses renovasi tersebut juga termasuk menghilangkan lift kapsul serta merombak foodcourt menjadi Studio Foodcourt, yang berdampingan dengan bioskop Tunjungan 1 XXI yang dilengkapi dengan 4 studio.

Tunjungan Plaza II – TP2

Tunjungan Plaza 2 merupakan kelanjutan pembangunan dari Tunjungan Plaza 1 yang terletak di antara Tunjungan Plaza I dan Tunjungan Plaza III yang dibuka pada tahun 1991. Walaupun tidak sebesar pendahulunya, tetapi Tunjungan Plaza 2 telah menjadi salah satu bagian paling ramai di kawasan bisnis ini. TAJ Tunjungan merupakan urban style of muslim, Pusat fashion muslim serta memiliki musholla terbesar di mall yang ada di Surabaya, kini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari Tunjungan Plaza lainnya.

Tunjungan Plaza III – TP3

Tunjungan Plaza 3 meruakan bagian paling luas dari Tunjungan Plaza yang dibuka pada tahun 1996, dimana di tengahnya terdapat sebuah atrium besar yang dulunya menjadi ajang ice skating, tetapi kini telah menjadi atrium besar yang biasa dijadikan tempat event berskala nasional dan regional. Tunjungan Plaza 3 juga mempunyai jalan penghubung langsung dengan Sheraton Hotels and Resorts dan menara Kondominium Regency yang terletak di Lobby TP3. Selain pengalaman berbelanja kelas dunia, Tunjungan Plaza 3 juga menawarkan restoran berkelas (fine dining) yang menjadikannya bagian paling ramai dari Plaza Tunjungan. Pada akhir tahun 2016, bioskop Tunjungan 21 bertransformasi menjadi bioskop Tunjungan 3 XXI, setelah 20 tahun bioskop tersebut dibuka.

Tunjungan Plaza IV – TP4

Tunjungan Plaza 4 merupakan tahap keempat dari Tunjungan Plaza yang dibuka pada tahun 2001. Bagian Plaza ini difokuskan untuk memanjakan shopper dan penggiat kuliner karena berbagai butik internasional serta gerai makanan pilihan meramaikan plaza yang menrget segmen high-end ini. Kepuasan berbelanja juga dilengkapi oleh hadirnya Sogo Department Store yang terdiri atas tujuh lantai. Pada tahun 2015, seiring dengan pembangunan Tunjungan Plaza 5, juga telah dibangun Hotel diatas Tunjungan Plaza 4, yakni Four Points by Sheraton. Pada pertengahan 2017, seluruh tenant di TP 4 lantai LG (kecuali SOGO) ditutup dan diisi oleh Uniqlo pada September 2017.

Tunjungan Plaza V – TP5

Tunjungan Plaza 5 merupakan tahap kelima dari Tunjungan Plaza. Di atasnya terdapat The Peak Residence yang terdiri atas 52 lantai. Pembangunan dilaksanakan pada tahun 2012 dan selesai pada tahun 2015 dengan pembukaan pada bulan September 2015. Pusat perbelanjaan bagian ini memiliki julukan “Fashion Avenue” yang memiliki beragam gerai fashion.

Tunjungan Plaza VI – TP6

Tunjungan Plaza 6 merupakan bagian terbaru dari Tunjungan Plaza. Di atasnya terdapat One Icon Residence dan Pakuwon Tower. Tunjungan Plaza 6 beroperasi sejak 23 September 2017. Pusat perbelanjaan ini terletak di sebelah TP 4. TP 6 memiliki jembatan penghubung langsung ke TP 3 yang terletak di Lantai 2. Pusat perbelanjaan bagian ini mengelilingi Grand Circle Tunjungan Plaza.

Berkunjung ke kota pahlawan merupakan pilihan tepat karena disini banyak sekali tempat-tempat yang bisa dikunjungi, mulai dari wisata belanja, kuliner, tempat bersejarah, tempat rekreasi, pantai dan lainya, selain itu kota surabaya selama pantauan kami terlihat bersih di sepanjang jalan-jalan pusat kota, arus lalulintas terlihat lancar, walaupun pada jam-jam tertentu terlihat padat dan macet tetapi masyarkat kota surabaya terlihat tertib dan mematuhi setiap rambu lalulintas yang terpasang di setiap jalan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments