July 5, 2020

Manfaat Minyak Rambut Urang Aring Bagi kesehatan Rambut Dan Kulit Kepala

Manfaat Minyak Rambut Urang Aring Bagi kesehatan Rambut Dan Kulit Kepala. Beberapa waktu lalu ketika admin bertemu dengan seorang teman, kami ngobrol bareng tentang banyak hal, saat tertentu admin mengeluh tentang adanya uban di rambut dan berniat menyemirnya sedikit, tetapi teman mengatakan tidak perlu disemir cukup gunakan minyak rambut urang aring. Mendengar ini tentu saja admin cukup kaget, pasalnya minyak urang aring adalah minyak made in tempo dulu yang lebih banyak di pakai kalangan orang tua, lalu teman mengatakan minyak urang aring tersebut memiliki fungsi menjaga warna rambut kita agar tetap hitam alami, benarkah?

Penasaran, admin kemudian membeli sebotol ,minyak urang aring di salah satu mini market, kemudian mencobanya, bau harum yang khas menebar cukup kuat tetapi bukan harum biasa, seperti harum tumbuh-tumbuhan tertentu, tidak berleming saat kita memakainya, dan terasa lebih ringan dan segar di kepala. Minyak urang aring memang dikenal sejak dulu, banyak sekali para  wanita dulunya memakai minyak rambut ini agar tampil berkilau, namun sejak era akhir 1990an keberadaan minyak ini sudah semakin jarang di gunakan.

Dari beberapa referensi yang kami telusuri, minyak urang aring berasal dari tumbuhan atau tanaman elclipta Alba dimana tumbuhan ini termasuk tumbuhan liar yang banyak tumbuh di persawahan, dalam berbagai analisis, para pakar kesehatan dan kecantikan menemukan bukti bahwa urang aring sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut dan kulit kepala, berikut beberapa manfaat yang bisa kita dapat lewat pemakaian minyak rambut urang aring ini :

1. Membantu menumbuhkan rambut

Studi pada hewan membuktikan bahwa minyak urang-aring dapat membantu menumbuhkan rambut. Disebutkan, pengaplikasian minyak urang-aring dapat meningkatkan folikel rambut dan lebih efektif dibandingkan dengan obat minoxidil dalam mencegah rambut rontok. Selain itu, minyak urang-aring juga mengandung vitamin E, yang dikenal sebagai molekul antioksidan untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas dapat menghambat pertumbuhan rambut. Walau studi lanjutan diperlukan, tentunya temuan ini sangat menjanjikan.

2. Membantu mengurangi ketombe

Minyak urang-aring telah banyak digunakan untuk memerangi ketombe. Hal ini diyakini karena adanya sifat antimikroba dan antijamur pada minyak ini. Urang-aring pun memilik efek antiradang, yang diyakini mampu mengatasi psoriasis dan iritasi lain pada kulit kepala. Selain itu, minyak urang-aring membantu meningkatkan sirkulasi di area kulit kepala.

3. Membantu memperlambat timbulnya uban

laporan secara anekdot atau yang berasal dari masyarakat menyebutkan, minyak urang-aring memiliki potensi untuk memperlambat atau mencegah terbentuknya uban. Adanya efek menghitamkan pada minyak ini juga membantu rambut terlihat lebih gelap dan tak terlalu putih.

Manfaat minyak urang-aring aring untuk kesehatan fisik dan psikologis

Selain bermanfaat untuk kesehatan rambut, minyak urang-aring juga mengantongi beragam manfaat lainnya untuk kesehatan, seperti:

1. Meredakan peradangan kulit

Sifat antiradang pada minyak urang-aring juga bermanfaat untuk menangani peradangan kulit. Mengoleskan minyak ini diyakini mampu menangani masalah seperti psoriasis, dermatitis, dan beberapa jenis jerawat.

2. Mengatasi penurunan daya ingat

karena Alzheimer Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal American Journal of Phytomedicine and Clinical Therapeutics mengungkapkan, minyak urang-aring yang dikombinasikan dengan ashwagandha meningkatkan aktivitas mitokondria pada hewan percobaan yang menderita Alzheimer. Tentunya, studi lanjutan diperlukan untuk mengonfirmasi khasiat minyak urang-aring ini.

3. Merilekskan pikiran

Minyak urang-aring mengandung magnesium. Mineral ini dikenal memiliki khasiat untuk menenangkan pikiran dan membantu meningkatkan kualitas tidur dan suasana hati. Selain itu, magnesium juga bermanfaat untuk menangani dan mencegah sakit kepala, dan migrain.

Tips menggunakan minyak urang-aring

Untuk mendapatkan manfaat minyak urang-aring demi kesehatan rambut, kamu bisa langsung mengoleskannya sedikit ke kulit kepala dan lakukan pijatan-pijatan lembut. Gunakan sampo apabila rambut terasa berminyak. Untuk mengatasi rambut beruban, kamu bisa mencampurkan 1 sendok teh minyak urang-aring dan 2 sendok teh minyak kelapa.

Oleskan campuran tersebut dan lakukan pijatan lembut. Jangan lupa membilasnya setelah 1 jam. Kamu bisa mengulangi tips ini 2-3 kali dalam seminggu. Adakah efek samping penggunaan minyak urang-aring? Laporan efek samping urang-aring masih bersifat anekdotal, bahwa urang-aring dapat membuat tubuh kedinginan saat mengonsumsinya. Laporan ini ditujukan untuk konsumsi urang-aring sebagai tumbuhan, bukan minyaknya.

Walau begitu, apabila ingin menggunakan minyak urang-aring, disarankan untuk mengolesnya sedikit ke lengan terlebih dahulu. Apabila tidak muncul reaksi setelah 30 menit, maka minyak urang-aring tersebut dipastikan aman untuk digunakan (source : lifestyle kompas)

Dilihat dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa minyak urang aring lebih alami dan aman untuk kesehatan rambut dan kulit kepala kita, memberikan kesegaran dan rambut berkilau secara alami, tahan lama dan tidak lengket di kulit, itulah sekelumit Manfaat Minyak Rambut Urang Aring Bagi kesehatan Rambut Dan Kulit Kepala

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments